Fotosintesis: Pengertian dan Prosesnya

Kata fotosintesis bisa kamu temukan dalam pelajaran ilmu pengetahuan alam  (IPA). Biasanya meteri fotosintesis diajarkan di bangku Sekolah Dasar (SD). Bagi kamu yang sudah beranjak dari Sekolah Dasar masih ingat tidak apa itu fotosintesis? Atau bahakan kamu masih duduk dibangku SD dan gurumu belum menjelaskan meteri yang satu ini? nah, jika kamu memang lupa atau memang belum tahu apa itu fotosintesi, ada baiknya untuk  membaca ulasan berikut ini.

Pengertian Fotosintesis

Jika diartikan perkata, fotosintesis berasa dari kata photo yang berarti cahaya, dam synthesis yang memilki arti proses pengolahan. Sehingga, Fotosintesis merupakan kemampuan tumbuhan untuk menghasilkan makanan dan energi dengan bantuan cahaya matahari. Dengan bantuan sinar matahari serta bahan-bahan lainya seperti, karbondioksia (Co2), air (H2O), dan unsur hara, tumbuhan hijau setiap harinya melakuakan proses biokimia pada klorofil (zat hijau daun). Hanya tumbuhan hijau yang memiliki klorofil saja yang dapat membuat makananya sendiri.

Pahami Juga: Pedoman menulis laporan praktikum

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa fotosintesis dapat mengahasilakan makanan. Nah, makanan yang awalnya dihasilkan dalam fotosintesi adalah glukosa. Dari glukosa inilah yang nantinya akan diolah lagi menjadi zat makanan lainya seperti protein dan lemak yang ada dalam tumbuhan. Tak hanya itu saja, prose fotosintesis pada tumbuhan juga dapat menghasilakan oksigen (O2). O2 inilah yang sangat berguna bagi kelangsungan hidup manusia.

Proses Fotosintesis

Sebelum membahsa proses fotosintesi, maka ada baikanya mengetahui terlebih dahulu bahan-bahan untuk fotosintesis tumbuhan. Bahan-bahanya adalah sebagai berikut

  • Klorofil
  • Sinar matahari
  • Air atau H2O
  • Karbondioksida atau CO2

Proses fotosintesis tidak akan pernah terjadi, jika tidak ada keempan komponen tersebut. untuk prosesenya adalah sebagai berikut

  • Jaringan stomata pada daun akan menyerap CO2
  • Akar pada tumbuhan akan menyerap air yang berada di sekitar tanaman, kemudian air akan dibawa oleh jaringan xylem dan floem. Kedua jaringan tersebut akan membawa air sampai ke daun
  • Klorofil akan menyerap cahaya matahair. Cahaya matahari merupakan sumber energi utama untuk membuat glokosa
  • Energi dari sinar matahari, akan mengubah air menjadi okesigen dan hydrogen
  • hydrogen akan digabungakn dengan CO2 untuk mengahsilakn makanan dan energi pada tumbuhan. Sisa okeisgen yang tadi telah dihasilakan oleh tumbuhan akan dilepas  oleh stomata. Okeigen-okesigen (O2) hasil prosese fotosintesis pada tumbuhan tersebutlah yang nantinya kan dihirup oleh manusia.

itulah prosese fotosintesis. Sebagai mahluk yang berakal tentunya manusia harus selalu menjaga lingkungan sekitar, termasuk tumbuhan. Untuk mempelajari lebih dalam mengenai fotosintesis coba kalian baca mengenai laporan praktikum fotosintesis pada halaman aktif tersbut dan analisislah. Tumbuhan merupakan salah satu mahluk hidup yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan mahluk hidup lainya.