Dampak Positif Dari Bermain Game Online

Dampak Positif Dari Bermain Game Online – Saat ini dunia sedang dihadapkan  pada era revolusi industri 4.0, dimana teknologi semakin berkembang pesat. Dampak dari lahirnya perkembangan ini yaitu muncul ragam aplikasi baru yang menyulut antusiasme dari berbagai kalangan baik anak-anak hingga orang dewasa. Aplikasi tersebut bisa kita dapatkan dengan mudah dan gratis  melalui play store atau app store. Dari sekian banyak aplikasi yang ditawarkan, game online adalah salah satu yang paling banyak diminati.

Game online menjadi hiburan bagi kebanyakan orang, ditengah padatnya aktivitas game merupakan obat yang paling mutakhir. Kebanyakan orang beranggapan game online membawa dampak negatif apalagi bagi anak-anak karena dapat menyebabkan kecanduan. Tetapi tidak selalu game online memberikan dampak yang buruk.

Riset Terkait Dampak Positif Game Online

Sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2013 oleh American Phychological Association (APA), mengenai game sebagai edukasi dan memberikan dampak positif bagi perkembangan anak-anak dan remaja. Dikutip dari situs APA, saat kita bermain game online seperti shooting (tembak-menembak) yang dinilai memberikan contoh tidak baik, ternyata mampu membangun spatial cognition (keahlian seseorang dalam mengaplikasikan ruang 3D).

Hal tersebut membuktikan jika seseorang memiliki keahlian spatial maka berpengaruh pada edukasinya dalam bidang sains, teknologi dan pengaplikasian matematika. Ternyata bermain game dapat mengasah tingkat kognitif anak, salah satunya melalui spatial navigation, membentuk daya ingat yang baik, hingga melahirkan pemikiran yang kritis. Ternyata setelah kurang lebih sepuluh tahun penelitian ini dilakukan hasilnya game bukan hanya memberikan dampak negatif berupa kecanduan, namun juga hal tersebut diseimbangkan dengan spekulasi bahwa game online membawa dampak  positif.

Senada dengan hal tersebut ternyata terdapat perbedaan antara otak seorang gamers dengan non-gamers. Seorang bernama Peter Rubin yang merupakan Senior Editor Wired, melakukan sebuah perjalanan ke Sports Academy Di Thousand Oaks pada tahun 2018. Dia melaksanakan berbagai tes kognitif dan hasilnya disandingkan dengan seorang gamer handal. Ternyata ia mendapatkan hasil yang mencengangkan nilai yang didapatkan oleh seorang non-gamer jauh lebih rendah dibandingkan dengan seorang gamer professional.

Apalagi dalam sebuah tes yang menguji tingkat fokus seseorang, dari hasil yang didapat ternyata karena keahliannya dalam bermain action game, seorang gamer memiliki tingkat problem solving jauh lebih tinggi ketimbang orang biasa. Pemain action game handal dalam menyelesaikan suatu permasalahan dalam situasi yang berantakkan. Lagi-lagi hal tersebut membuktikan jika game online memberikan dampak yang positif.

Setidaknya terdapat tiga keahlian kognitif yang kita dapatkan setelah bermain action game.  Melatih persepsi dimana panca indera kita cepat dalam menerima rangsangan, lalu melatih kemampuan kita dalam memandang lingkungan kita secara 3D, terakhir membuat fokus kita meningkat untuk menyingkirkan berbagai gangguan.

Namun dalam aplikasinya setiap game memberikan dampak yang berbeda-beda, karena game menghadirkan ragam genre dan gameplay yang beraneka ragam. Seperti Role Playing Game dan puzzle game yang memberikan dampak positif bagi penikmat game online yang berbeda dari action game tentunya. Dari sebuah riset didapat jika bermain game strategi salah mampu menciptakan anak yang memiliki problem solving yang tinggi. Namun jika dilihat secara keseluruhan ternyata bermain game mampu mengasah kreativitas pemain, dalam berbagai genre yang dimainkan.

Game Online Sebagai Obat

Salah satu yang menjadi sorotan adalah game online dapat dijadikan sebagai obat. Karena otak kita dapat berubah-ubah sesuai dengan pengalaman apa yang telah kita lakukan. Seorang professor neurologi dan psikiater sekaligus pemilik laboratorium riset sains dan syaraf kognitif di UCSF, yang menyatakan jika penelitian yang dilakukan tersebut bukan untuk menggantikan dunia farmasi, melainkan membuat metode penyembuhan secara sederhana dengan mengurangi efek samping yang ditimbulkan.

Healing atau sebuah metode penyembuhan dalam hal ini menciptakan sebuah game berupa pengkolaborasian antara bentuk latihan fisik dengan kognitif pengetahuan. Kemudian dalam pembahasan lain mengenai dampak positif game online ini yaitu mampu membuat otak meningkatkan tingkat fokus dalam berpikir. Lebih jauh otak kita akan menerjemahkan visuospasial, yang terlihat oleh mata. Misalnya saja seseorang akan lebih mampu memahami bentuk, warna , ukuran dan penempatan suatu benda.

Game Online Mengasah Sportivitas

Sebetulnya dalam hal ini setiap orang memiliki persepsi dan penafsiran yang berbeda-beda dalam menanggapi sesuatu. Dan game online bukan panacea atau obat mujarab untuk menyembuhkan segala macam penyakit, dalam hal ini segala sesuatu memiliki dampak positif dan dampak negatif dalam pengaplikasiannya. Dampak positif lain yang akan kita dapatkan jika bermain game online ialah melatih sportivitas diri terhadap lawan main.

Rasa sportivitas yang ditimbulkan dari bermain game, ternyata dampak positif dari bermain game online menjadikan kita lebih siap dalam menghadapi suatu kekalahan, dan tidak berlaku curang ketika dihadapkan dalam suatu hal yang genting. Ketika kita dihadapkan dalam satu situasi yakni kemenangan kita akan bersikap rendah hati dan tidak sombong sebab kita memegang sportivitas dalam permainan.

Selain itu Ketika kita bermain game online yaitu bisa menambah banyak teman baru. Karena ketika kita bermain game online yang otomatis terhubung dengan berbagai server dari situlah kita mendapatkan ruang sebagai ajang pencarian teman baru yang memiliki kegermaran serupa dengan diri kita. Maka dalam hal itu lagi-lagi sportivitas harus dikedepankan sebab dalam bermain game online kita pasti dihadapkan oleh pertarungan dan yang namanya game pasti ada yang kalah da nada yang menang.

Game Online Sebagai Sarana Hiburan

Salah satu dampak positif dari bermain game online yang paling utama adalah sebagai sarana hiburan. Stress bisa dialami oleh siapa saja termasuk orang tua dan anak-anak, maka jika demikian game online adalah harapan dari apa yang dicari. Misalnya saja beberapa anak tidak menyukai kegiatan belajar mengajar yang itu-itu saja kemudian melihat aktivitas anak yang gemar bermain game menjadikan orang tua beralih dengan menjadikan game sebagai sarana belajar sambil bermain. Karena anak-anak masih sangat senang bermain maka langkah yang ditempuh yaitu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Namun tetap saja sesuatu yang dilakukan berlebihan tidak baik, perlu adanya batasan waktu untuk bermain. Karena sangat mungkin game online juga membuat banyak orang kecanduan karena adanya kepuasan yang dirasakan setelah bermain game. Sebisa mungkin berikan anak keleluasaan dalam bermain namun harus diberikan peringatan kapan dia bisa bermain setelah menyelesaikan tugas sekolahnya. Atau kapan anak harus istirahat tidur dan makan hal tersebut dapat membantu anak dalam mengatur waktu, dan meningkatkan kedisiplinan yang dimiliki.

Dalam bermain game selain untuk hiburan Anda juga bisa memainkannya dengan menghasilkan uang nyata seperti bermain game judi bola online.

Selain itu pastikan untuk anak tidak asik bermain dengan game saja sesekali bawa anak keluar untuk dapat mengetahui kehidupan sosial yang lain. Nah, sekiranya seperti itulah dampak positif dari bermain game online yang perlu diketahui.